WORKSHOP PENGELOLAAN APLIKASI SISKEUDES VERSI 2.0 - Kabupaten Sanggau

WORKSHOP PENGELOLAAN APLIKASI SISKEUDES VERSI 2.0

WORKSHOP PENGELOLAAN APLIKASI SISKEUDES VERSI 2.0

Sanggau, (08/02/2019) bertempat di Gedung Pertemuan Umum Kabupaten Sanggau dilaksanakan kegiatan Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0. Kegiatan ini merupakan penerapan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0 yang merupakan versi terbaru dari sebelumnya sesuai dengan implementasi Permendagri No. 20 Tahun 2018 agar informasi keuangan lebih informatif.

Seperti yang disampaikan oleh Plh. Bupati Sanggau (A. Leysandri, SH) bahwa Applikasi Siskeudes telah mengakomodir seluruh regulasi terkait keuangan desa, dirancang secara terintegrasi dan memiliki sistem pengendalian inten yang melekat dan efektif dalam menghasilkan informasi keuangan, maka dari itu A. Leysandri mengimbau kepada para Kepala Desa untuk bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari seluruh desa di lingkungan Kabupaten Sanggau.

Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Wilayah III, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Iskandar Novianto menyampaikan berdasarkan hasil kajian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahwa pelaporan keuangan desa belum terstandarisasi dan berpotensi menyebabkan penyimpangan serta kemampuan pengawasannya yang masih lemah. Maka dari itu dengan adanya Siskeudes Versi 2.0, desa dapat menyelesaikan pelaporan keuangan secara lengkap dan tidak lagi mengisi laporan keuangan secara manual dan mulai tahun 2019 Pemerintahan Desa wajib menggunakan Siskeudes Versi 2.0 Iskandar Novianto berharap Desa dapat akuntabel terhadap Dana Desa agar tidak terjadi kecurangan maupun penyimpangan di dalamnya.

Kepala Perwakilan BPKP Kalbar, Raden Suhartono mengatakan bahwa hasil pengawasan Perwakilan BPKP Kalbar beserta Inspektorat Kabupaten setiap triwulan melakukan review atas penyaluran dan penyerapan Dana Desa secara online dan langsung diinformasikan kepada Pemerintah Pusat. Dari review tersebut Realisasi Dana Desa Kabupaten Sanggau di Tahun 2016 mencapai (86,7%), Tahun 2017 mencapai (85,7%) dan Tahun 2018 per 31 Januari 2019 realisasi penyaluran (65,08%)

Pada Tanggal 22 Januari 2019 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Barat, beserta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa di 12 Kabupaten beserta Seluruh Desa di Provinsi Kalimantan barat berkomitmen untuk menerapkan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0

Leave a Reply

Send this to a friend