Plh.Bupati Sanggau: Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Desa Yang Akuntabilitas, Partisipatif dan Transparan - Kabupaten Sanggau

Plh.Bupati Sanggau: Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Desa Yang Akuntabilitas, Partisipatif dan Transparan

Plh.Bupati Sanggau: Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Desa Yang Akuntabilitas, Partisipatif dan Transparan

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Digelar Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa Dengan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0 Kabupaten Sanggau dengan mengusung tema “Pengelolaan keuangan dan pembangunan desa yang partisipatif, transparan dan akuntabel dengan menggunakan aplikasi siskeudes”, bertempat di Gedung Balai Betomu Sanggau, Jumat pagi (8/2/2019) pukul 09.00 WIB.

Hadir pada kesempatan tersebut Plh.Bupati Sanggau A.L.Leysandri, SH, Kapolda Kalbar dalam hal ini diwakili Dir Bimas Polda Kalbar Mujiyono selaku narasumber, Direktur Pengawas Penyelenggara Keuangan Daerah Wilayah III Iskandar Novianto, Ak, M.Si selaku narasumber, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalbar Raden Sumartono, SE selaku narasumber, Kadis PM-Pemdes Siron, S.Sos, M.Si, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Camat se-Kabupaten Sanggau dan 163 Kepala Desa.

Dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2018 sebagai pengganti Permendagri 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, maka dianggap perlu diadakan workshop evaluasi implementasi sistem tata kelola keuangan desa dengan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0 di Kabupaten Sanggau. Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0 telah diluncurkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Aplikasi versi 2.0 tersebut digunakan dalam pengelolaan keuangan desa, mulai dari proses perencanaan dan penganggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2019 di seluruh desa di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Plh.Bupati Sanggau menyampaikan “Aplikasi Siskeudes telah mengakomodir seluruh regulasi terkait dengan keuangan desa, dirancang secara terintegrasi serta memiliki sistem pengendalian intern yang melekat dan efektif dalam menghasilkan informasi keuangan. Hal ini tentunya akan memberikan rasa nyaman bagi pengelola keuangan di desa dalam mewujudkan akuntabilitas, partisipatif dan transparan dalam pengelolaan keuangan desa. Menyikapi hal tersebut menghimbau kepada para Kades untuk bisa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan dipersilahkan untuk bisa bertanya kepada para narasumber kita terkait dengan Aplikasi Siskeudes versi 2.0 ini.” (Tuturnya)

Penulis         : Alfian

Leave a Reply

Send this to a friend