Awal 2019, 35 Kasus Gigitan Anjing Terjadi di Sanggau – Akcaya - Kabupaten Sanggau

Awal 2019, 35 Kasus Gigitan Anjing Terjadi di Sanggau – Akcaya

Awal 2019, 35 Kasus Gigitan Anjing Terjadi di Sanggau – Akcaya

SANGGAU – Kepala Dinas Kesehatan (Kadisjes) Kabupaten Sanggau, dr Jones Siagian menyebut sepanjang awal tahun 2019 terjadi 35 gigitan anjing. Meskipun begitu, belum ditemukan adanya kasus rabies di Kabupaten Sanggau.

“Di Kecamatan Meliau 10 kasus gigitan anjing, Kecamatan Parindu 16 kasus gigitan anjing, dan Kecamatan Jangkang 9 kasus gigitan anjing,” katanya membeberkan, Kamis (07/02/19).

Atas kasus tersebut, Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada.

Dari 35 kasus gigitan anjing tersebut, lanjut Jones, semuanya dalam keadaan baik-baik saja.

“Kalau anjing yang mengigitnya tidak rabies dan lukanya dirawat dan diobati dengan baik, pasienya akan baik, ” ujarnya.

Untuk itu, Jones mengingatkan kepada masyarakat, jika memelihara anjing agar divaksinasi.

“Kalau digigit, luka di cuci dengan air mengalir pakai sabun selama 10 menit. kemudian bawa ke Puskesmas,” ingatnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Sanggau, Jumadi menyampaikan, mengingat sudah ada 35 kasus gigitan anjing yang terjadi di tiga kecamatan di kabupaten Sanggau, diharapkan agar masyarakat tetap waspada dan hati-hati.

“Meskipun tidak tidak ada kasus rabies, namun tetap harus berhati-hati. Apabila ada pelihara anjing sebaiknya cepat di vaksinasi, ” katanya, Kamis (07/02/19).

Disarankan, jika ada warga yang menjadi korban gigitan anjing, harus segera di bawa ke Puskesmas terdekat atau melakukan langkah awal terlebih dahulu dengan mencuci luka bekas gigitan anjing.

“Selain itu juga, instansi terkait melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Terkait pentingnya vaksin terhadap anjing peliharaan, langkah awal apabila terjadi gigitan anjing dan lainya,” tutur Politisi PDI Perjuangan Sanggau itu. (indra)


Leave a Reply

Send this to a friend