Bupati Sanggau: Sebuah Perbedaan Akan Menjadi Suatu Yang Indah dan Berwarna - Kabupaten Sanggau

Bupati Sanggau: Sebuah Perbedaan Akan Menjadi Suatu Yang Indah dan Berwarna

Bupati Sanggau: Sebuah Perbedaan Akan Menjadi Suatu Yang Indah dan Berwarna

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Digelar pembukaan Perayaan Hari Besar Imlek 2570 dan Cap Go Meh Tahun 2019 di Pulau Tayan Utara Kecamatan Tayan Hilir dengan mengusung tema “Indahnya Kebersamaan”, Selasa malam (5/2) pukul 20.00 WIB.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si beserta istri, Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si beserta istri, Sekda Sanggau A.L.Leysandri, SH beserta istri, Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, S.IK, M.H, Kepala Pengadilan Negeri Sanggau Arief Boediono, SH, MH beserta istri, Direktur PDAM Tirta Pancur Aji Sanggau Yohanes Andriyus Wijaya, SE, Staff Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ignatius Iranto, S.Sos, M.Si beserta istri, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Camat Tayan Hilir Tony Kulung, S.Sos beserta istri, Kapolsek Kecamatan Tayan Hilir Charles, Danramil Kecamatan Tayan Hilir Aris Yudi Yana, Ketua MABT Tayan Hilir Cin Li Jung, Ketua Panitia Penyelenggara Prayogo, Tokoh Adat, Budaya dan Agama serta seluruh masyarakat Tayan Hilir.

Kedatangan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau disambut hangat oleh masyarakat Tayan Hilir serta di iringi dengan atraksi barongsai dan penampilan drum band dari SMAN 1 Tayan Hilir, yang mana kegiatan Perayaan Hari Besar Imlek dan Cap Go Meh ini bukan hanya di hadiri oleh suku Tionghoa saja yang memadati tempat acara, akan tetapi berbagai suku yang ada di Kabupaten Sanggau khususnya Kecamatan Tayan Hilir hadir pada kesempatan ini seperti Suku Dayak, Melayu, Jawa dan yang lainnya. Ini menunjukkan bahwa di Kabupaten Sanggau dikenal dengan kaya akan suku, budaya, RAS dan agama, akan tetapi tetap hidup berdampingan secara rukun dan harmonis dalam keberagaman sesuai dengan tema kegiatan yakni “Indahnya Kebersamaan” yang perlu terus dipupuk.

Pada kesempatan tersebut Ketua Panitia Menyampaikan “Kami ucapkan terimakasih kepada Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Sanggau yang sudah berkenan hadir pada acara Perayaan Hari Besar Imlek dan Cap Go Meh di Pulau Tayan Utara Kecamatan Tayan Hilir ini. Adapun tema yang di usung yaitu “Indahnya Kebersamaan”, adapun tujuannya yaitu untuk menyatukankan masyarakat Kabupaten Sanggau khususnya Kecamatan Tayan Hilir yang dikenal dengan berbagai suku yang ada. Adapun untuk konsep  atau rangkaian acara untuk tahun yang akan datang untuk bisa kita bersama-sama mendukung dan memikir konsep acara yang lebih mewah serta menarik untuk disaksikan oleh masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi tempat wisata lokal yang ada di Kabupaten Sanggau dan sekaligus bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.” (Jelasnya)

Selanjutnya, Ketua MABT Kecamatan Tayan Hilir menyampaikan “Pada malam hari ini seluruh masyarakat Tionghoa bersuka cita pada Perayaan Hari Besar Imlek dan Cap Go Meh, serta ikut dirasakan oleh masyarakat suku lainnya. Ini menggambarkan bahwa di Kabupaten Sanggau dikenal multi etnis yang hidup berdampingan secara rukun dan harmonis. Perayaan Hari Besar Imlek dan Cap Go Meh ini merupakan yang ke-17 dilaksanakan, yang patut diapresiasi kepada panitia penyelenggara yang sudah memikirkan, berusaha untuk mensukseskan kegiatan ini. Pada malam hari ini berbagai suku hadir untuk ikut berpartisipasi, menyaksikan dan mensukseskan Perayaan Hari Besar Imlek 2570 dan Cap Go meh tahun 2019.“ (Ujarnya)

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sanggau menyampaikan “Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau kami mengucapkan Gong Xi Fat Chai untuk Umat Tionghoa. Perlu kami sampaikan bahwa tempat ini menjadi tempat yang istimewa, yang mana dulu jarang yang singgah ditempat ini, ketika jembatan Tayan Hilir di bangun dan diresmikan, tempat ini menjadi terbuka yang banyak diminati yaitu tempat wisatawan. Perlu diketahui bersama bahwa tempat ini menjadi pusat perhatian Pemerintah Pusat berkaitan dengan infrastruktur dan juga kebudayaan yang ada untuk dijadikan tempat wisata lokal, sehingga perlu untuk terus dipertahankan dan dikembangkan dalam Perayaan Imlek dan Cap Go Meh ini, akan tetapi tidak terlepas dari dukungan dan kekompakkan masyarakatnya.” (Tuturnya)

“Kami senang bisa hadir dan melihat situasi pada kesempatan ini yang begitu antusias masyarakat yang bukan hanya suku Tionghoa saja, akan tetapi juga hadir suku Dayak, Melayu, Jawa dan yang lainnya pada tempat ini untuk bisa bersama-sama menyaksikan dan mensukseskan acara Perayaan Hari Besar Imlek dan Cap Go Meh ini. Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau sudah menetapkan berbagai perayaan multi etnis yang ada di Kabupaten Sanggau untuk bisa menjadi agenda rutin oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang di biayai dari APBD. Mari Kita tonjolkan adat dan budaya yang ada di Kabupaten Sanggau, karena sebuah perbedaan menjadi suatu yang indah dan berwarna.” (Jelasnya)

Penulis         : Alfian/Izar

Leave a Reply

Send this to a friend