Ritual Pancung Buluh Safari Natal di Jangkang - Kabupaten Sanggau

Ritual Pancung Buluh Safari Natal di Jangkang

Ritual Pancung Buluh Safari Natal di Jangkang

SANGGAU – Rombongan Bupati Sanggau disambut dengan hangat dan penuh suka cita oleh umat Kristiani di Kecamatan Jangkang pada safari natal Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau belum lama ini. Sebelum menuju ke tempat yang sudah disediakan, terlebih dahulu dilakukan ritual adat Dayak pancung buluh muda.

Untuk memulaikan kegiatan safari natal, terlebih dahulu dilaksanakan Misa bersama yang dipimpin oleh Pastor Paroki Jangkang, Ignatius Michael Warsito, OFM. Cap. Sebagai pembuka, Pastor Ignatius menyampaikan berkenaan dengan keagamaan, sudah banyak yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau untuk umat beragama yang ada di Sanggau, baik itu bagi umat Islam, Katolik maupun Kristen.

 “Contoh seperti halnya kegiatan safari natal ini selalu rutin dilaksanakan setiap tahun oleh pemerintah daerah, bertujuan untuk bersilahturrahmi, pembangunan tempat ibadah, terlebih untuk pengembangan iman,” katanya.

Bupati Paolus Hadi menyampaikan selalu rutin mengadakan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan, seperti halnya safari natal ini. Bukan hanya untuk umat Katolik saja, juga safari natal bersama umat Kristen dan safari ramadan bersama umat Muslim yang ada di Kabupaten Sanggau.

 “Tujuan utamanya agar bisa bersilaturahim bersama masyarakat yang merayakan. Pemerintah daerah juga bisa menyampaikan kemajuan daerah dan mendengar langsung masukan-masukan dari masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu turut diserahkan bantuan berupa beras untuk warga yang membutuhkan. Ia juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Sanggau agar menggunakan hak pilihnya pada Pileg dan Pilpres pada 17 April 2019 mendatang dan selalu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. (sgg)


Leave a Reply

Send this to a friend