Truk Bermuatan Sembako Terbakar | Pontianak Post - Kabupaten Sanggau

Truk Bermuatan Sembako Terbakar | Pontianak Post

Truk Bermuatan Sembako Terbakar | Pontianak Post

SANGGAU – Sebuah truk pengangkut sembilan bahan pokok (sembako) terbakar, Jumat (11/1) sekira pukul 15.35 WIB di wilayah Sosok–Batang Tarang, Kabupaten Sanggau. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, kernet truk mengalami patah lengan dan kerugian materi yang ditimbulkan diperkirakan mencapai Rp350 juta.

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, kendaraan roda enam KB 8941 AN tersebut dikemudikan oleh Achmad Rapudin (37) bersama rekannya (kernet) Ishak (33). Keduanya dalam perjalanan menuju Kabupaten Melawi untuk mengantar sembako. Di tengah perjalanan, terjadi musibah yang mengakibatkan terbakarnya truk bersama barang bawaannya.

Sebelum truk terbakar, dalam perjalanan sopir sudah merasakan adanya sesuatu yang tidak beres di kendaraannya. Laju kendaraan pun dihentikan. Ishak kemudian turun dan memeriksa kendaraan. Benar saja, ternyata ada percikan api di bagian bering as ban belakang.

Pada saat sang kernet melakukan pemeriksaan, percikan api tersebut kemudian menyambar bagian ban belakang sebelah kiri dan mengakibatkan ban terbakar. Tidak lama kemudian ban itu pun meledak dan api semakin membesar.

Nahas bagi Ishak, dengan jarak yang sangat dekat, ia tidak bisa lagi menghindar sehingga terkena ledakan tersebut. Ia terlempar dan jatuh sehingga lengan kirinya patah. Ia lalu dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapat perawatan. Sementara rekannya yang juga sopir, Achmad selamat.

Api terus berkobar semakin besar dan melahap truk. Sopir dan sejumlah warga mencoba memadamkannya dengan upaya seadanya tetapi tidak berhasil. Warga yang melihat kejadian tersebut segera melapor kepada pihak berwajib dan pemadam kebakaran terdekat.

Beberapa menit kemudian, pemadam kebakaran dari BPAS Sosok pun tiba di lokasi dengan dua mobil. Api yang membakar truk tersebut baru dapat dijinakkan sekira tiga puluh menit kemudian. Kondisi lalu lintas di lokasi sempat macet total karena kendaraan lainnya terpaksa berhenti untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kasat Lantas Polres Sanggau, AKP Refandri ketika dikonfirmasi harian ini membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya masih melakukan pemeriksaan terkait peristiwa itu. “Iya benar kejadian itu. Kami masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut,” katanya. (sgg)


Leave a Reply

Send this to a friend