Rapat Koordinasi KOMINDA Kab. Sanggau - Kabupaten Sanggau

Rapat Koordinasi KOMINDA Kab. Sanggau

noimgg

Rapat Koordinasi KOMINDA Kab. Sanggau dilaksanakan dalam rangka membahas kesiapan Pemkab Sanggau memasuki perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.

Dalam rangka menyambut dan memasuki perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Sanggau menyelenggarakan Rapat Koordinasi KOMINDA (Komunitas Intelijen Daerah) Kabupaten Sanggau pada hari Rabu, 19 Desember 2018 bertempat di Ruang Musyawarah Lantai I Kantor Bupati Sanggau.

Rapat Koordinasi KOMINDA Kabupaten Sanggau tersebut dipimpin oleh Bupati Sanggau dengan dihadiri oleh para Anggota KOMINDA Kabupaten Sanggau, para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau, para Kepala Instansi-Instansi Vertikal di Kabupaten Sanggau, para Camat se-Kabupaten Sanggau, Kepala FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Sanggau dan Kepala FPK (Forum Pembauran Kebangsaan) Kabupaten Sanggau.

Secara umum situasi dan kondisi Kabupaten Sanggau hingga menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 relatif aman dan kondusif, namun juga dihadapkan pada masalah ketersediaan sembako, ketersediaan air bersih bagi masyarakat, makanan yang disinyalir terkandung unsur narkoba, indikasi beredarnya barang kedaluarsa, kesiapan pelayanan PLN, serta pendistribusian BBM dan Gas LPG, maka kepada semua pihak yang terkait dimintakan agar melakukan deteksi dini dan pencegahan dini dari berbagai macam potensi kerawanan di Daerah.

Dalam Rapat Koordinasi KOMINDA Kabupaten Sanggau tersebut dihimpun informasi-informasi berikut :

1. Bidang Ideologi

  • Mengenai permasalahan THC murni dari ganja yang sering atau biasanya dimasukkan atau dicampur pada bahan kue atau permen, pada skala Nasional dari pihak BNN bersama dengan pihak Bea Cukai dan Polda Jawa Timur telah menangkap 4 orqang pelaku pengedar THC di Surabaya.
  • Sejauh ini belum ditemukan adanya THC dalam bentuk kemasan kue maupun permen.
  • Ditemukan isi ulang rokok elektrik yang mengandung narkoba jenis sabu dan pil ekstasi yang dicairkan di Surabaya.
  • Terdapat isu bahwa ada kandungan narkoba pada kue jenis naughat atau jenis brownies lalu permen berbentuk boneka juga beredar.
  • Ditemukan sekitar 80 butir pil ekstasi di Sulawesi Selatan.

2. Bidang Politik

  • Terjadi sengketa hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2018 pada Desa Empirang Ujung Kecamatan Balai, tepatnya di Dusun Keladan dan Dusun Empinang pada tanggal 30 November 2018. Telah dilakukan upaya mediasi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut oleh Panitia Pilkades bersama pihak penggugat melalui Forum Badan Permusyawaratan Desa namun belum menghasilkan keputusan sehingga penyelesaiannya dilimpahkan ke tingkat Kecamatan guna menyelesaikan sengketa tersebut.
  • Tanggal 23 September 2018 hingga 13 April 2019 merupakan masa tahapan kampanye Pemilu Legislatif tahun 2019 (Caleg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.
  • Mengenai pemasangan APK (alat peraga kampanye) Partai Politik/Calon anggota Legislatif di wilayah Kabupaten Sanggau, dilakukan upaya koordinasi dengan pihak KPU dan BAWASLU Kabupaten Sanggau dan melakukan penggalangan terhadap Partai Politik di wilayah Kabupaten Sanggau.

3. Bidang Ekonomi

  • Mengenai fluktuasi harga beberapa komoditi sejak bulan November 2018; pada minggu pertama Desember 2018 harga tepung premium naik sebanyak Rp300,00/bungkus dan untuk merek standar harga masih normal, minggu kedua Desember 2018 harga telur ayam semula Rp1.200,00 s/d Rp1.500,00 per butir naik dengan harga yang bisa mencapai Rp1.700,00 hingga Rp2.000,00, harga daging ayam semula berkisar Rp40.000,00 s/d Rp45.000,00 per Kg naik dengan harga yang dapat mencapai Rp50.000,00, harga minyak terjadi kenaikan yang tidak terlalu besar, pada dasarnya stok sembako di Kabupaten Sanggau masih mencukupi walau dari segi harga terjadi kenaikan pada beberapa komoditi, stok sembako masih dapat ditemukan dengan mudah namun transaksi pembelian oleh masyarakat mengalami penurunan disebabkan terjadinya kenaikan harga, telah dilakukan upaya monitoring perkembangan harga dan distribusi barang secara rutin di setiap pekan untuk wilayah ibukota Kabupaten Sanggau dan turut dilakukan monitoring harga dan ketersediaan stok di 15 Kecamatan se-Kabupaten Sanggau, telah dilakukan langkah penyelesaian guna membantu daya beli masyarakat dan ketersediaan stok sembako menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 berupa pelaksanaan kegiatan bazaar di Kecamatan Meliau, Kecamatan Parindu dan Kecamatan Tayan Hilir.
  • Mengenai ketersediaan stok BBM, terjadi kelangkaan BBM jenis Solar di berbagai SPBU.
  • Data stok sembako di Bulog per 19 Desember 2019; Beras Medium tersedia 759 ton, Beras Premium tersedia 47 ton, Gula Pasir kemasan 1 Kg tersedia 4.296 Kg, Minyak Goreng tersedia 2.340 Liter, Tepung Terigu tersedia 2.400 Kg, Daging Beku tersedia 125 Kg.

 

Leave a Reply

Send this to a friend