Peringati HJK, Kodam XII/Tpr Gelar Baksos di Daerah Terisolir - Kabupaten Sanggau

Peringati HJK, Kodam XII/Tpr Gelar Baksos di Daerah Terisolir

Peringati HJK, Kodam XII/Tpr Gelar Baksos di Daerah Terisolir


Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hendri Chornelius

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU –  Dalam rangka Memperingati Hari Juang Kartika ke-73 tahun 2018, Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura menggelar kegiatan Bakti Sosial  di daerah Terisolir, Desa Bagan Asam, Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau, Rabu (12/12/2018).

Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi dalam sambutannya saat membuka kegiatan bakti sosial mengatakan pada hakekatnya pelaksanaan bakti sosial adalah, bentuk perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta tetap terpeliharanya kemanunggalan TNI-Rakyat yang sampai dengan saat ini banyak memberikan dukungan dalam pelaksanaan tugas pokok TNI Angkatan Darat khususnya Kodam XII/Tpr.

Baca: Mapolsek Ciracas Dibakar, IPW Minta Polisi Introspeksi dan Segera Memburu Pelaku

“Ini juga wujud dari bentuk kepedulian sosial TNI terhadap sesama tanpa melihat suku, agama, ras maupun golongan, dalam rangka memperkokoh kemanunggalan TNI dan rakyat khususnya kepada masyarakat di Dusun Bagan Asam dan sekitarnya,” katanya melalui rilisnya.

Pangdam mengatakan kegiatan bakti sosial bertujuan untuk meringankan beban serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah Terisolir. Bakti sosial akan di laksanakan pada beberapa bidang kegiatan, yakni pengobatan umum, pelayanan KB, khitanan massal, donor darah, pembagian paket sembako dan hiburan rakyat. Juga sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan karya bakti dengan pembukaan akses jalan sepanjang 19,8 KM yang menghubungkan Dusun Mangkup Cabe dengan Dusun Bagan Asam, dan telah selesai dikerjakan.

“Saya harapkan untuk pemerintah daerah dapat melanjutkan proses peningkatan jalan sehingga jalan tersebut dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan Pangdam, kebersamaan TNI dengan rakyat pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan oleh apapun dan siapapun, karena TNI berasal dari rakyat, berjuang untuk rakyat dan pada suatu saat kembali menjadi rakyat, hal tersebut sesuai dengan tema pelaksanaan Hari Juang Kartika Tahun 2018 kali ini, yaitu ”TNI AD mengabdi dan membangun bersama rakyat”.

“Oleh karena itu, sangat diperlukan peneguhan kembali semangat kebersamaan TNI dengan Rakyat dalam bentuk kegiatan bersama seperti ini, sehingga kemanunggalan TNI-rakyat tetap terjaga,” katanya.

Baca: Pemuda Melayu Kalbar Jamu Makan Malam Sultan Sulu Filipina

Pangdam juga menjelaskan, kebersamaan antara TNI dengan rakyat harus terus terjaga dan terpelihara dalam keharmonisan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh.

“Saya minta pada warga Bagan Asam, agar momen bakti sosial ini dimanfaatkan untuk lebih mengenal prajurit TNI serta untuk bersilaturahmi antar sesama, sehingga tercipta suasana keakraban, kekeluargaan dan memupuk rasa kemanunggalan TNI dengan rakyat,” tegasnya.

Usai memberikan sambutan Pangdam XII/Tpr meninjau pelaksanaan bakti sosial yang didampingi Danrem 121/Abw, Dandim 1204/Sanggau, Bupati Sanggau, Paolus Hadi dan Camat Toba.
Bakti Sosial yang dilaksanakan diantaranya Pengobatan massal yang diikuti 1000 peserta, Sunat massal yang diikuti 100 peserta, pelayanan KB diikuti 100 peserta dan Donor darah yang diikuti 100 pendonor. Selain itu juga Pangdam XII/Tpr, memberikan secara simbolis bantuan berupa paket sembako pada warga.

Dalam acara tersebut juga Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi bersama unsur Forkopimda Kabupaten Sanggau melaksanakan penanaman pohon. Dalam kegiatan bakti sosial yang digelar Kodam XII/Tpr juga dilaksanakan acara panggung hiburan.


Leave a Reply

Send this to a friend