Ini Yang Disampaikan Wabup Sanggau Saat Buka Seminar Rancangan Teknokratik - Kabupaten Sanggau

Ini Yang Disampaikan Wabup Sanggau Saat Buka Seminar Rancangan Teknokratik

Ini Yang Disampaikan Wabup Sanggau Saat Buka Seminar Rancangan Teknokratik


Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hendri Chornelius

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot membuka Seminar rancangan teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sanggau tahun 2019-2024 di aula Kantor Bupati Sanggau, Kamis (6/12/2018).

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala BAPPEDA Sanggau Kukuh Triyatmaka, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan BAPPEDA Provinsi Kalbar, Buruh Paryono, pimpinan instansi vertikal, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sanggau, pimpinan BUMN/BUMD, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, LSM dan organisasi wanita, PKK.

Baca: DPRD Sanggau Gelar Bimtek Penguatan Peran Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah

Baca: Kondisi Arus Lalu Lintas Jalan Ahmad Yani Sanggau, Kamis (6/12/2018)

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan seminar ini bertujuan untuk merencanakan program kerja Pemerintah Daerah lima tahun mendatang.

“Perencanaan inipun harus melibatkan seluruh elemen masyarakat sebagai bentuk partisipasi masyarakat, ” katanya.

Dikatakanya, perencanaan pembangunan daerah yang berorientasi kepada proses pendekatan teknokratik, partisipatik, politis serta top down dan botton up.

“Pendekatan teknokratik dilakukan dengan metode dan kerangka berfikir ilmiah untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan daerah. Pendekatan partisipatif dengan melibatkan semua pemangku kepentingan. Pendekatan politis fokusnya pada program yang ditawarkan calon kepala daerah terpilih pada saat kampanye yang disusun ke dalam RPJMD dan melalui pendekatan botoum up dan top down, ” tuturnya.

Hasilnya, lanjut Ontot, diselaraskan melalui Musrenbang mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Provinsi dan Nasional sehingga tercipta singkronisasi dan sinergi pencapaian sasaran RPJMN dan RPJMD


Leave a Reply

Send this to a friend