Cukup Sebulan, Nama Pangdam Diabadikan Nama Jalan - Kabupaten Sanggau

Cukup Sebulan, Nama Pangdam Diabadikan Nama Jalan

Cukup Sebulan, Nama Pangdam Diabadikan Nama Jalan

Pangdam Tanjungpura Tinjau Lokasi Jalan Darat di Bagan Asam

Gotong royong sangat kental dalam proses pembanguan akses jalan di kecamatan Toba, kabupaten Sanggau. Kodam Tanjungpura pun tetap berkoordinasi dengan Gubernur Kalbar dalam membuka akses ini. Diharapkan perekonomian masyarakat lebih baik, dan perlu dijaga dan dipelihara agar tidak rusak dan dapat difungsikan. 

SUGENG & RIZKY, Toba

HARI masih pagi. Kisaran pukul 09.00 wib. Helikopter yang membawa Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Ahmad Supriyadi mendarat di PT. SAP di Desa Mangkup, Kecamatan Toba. Orang nomor satu di Kodam XII Tanjungpura itu didampingi lima orang yang ikut dalam rombongan untuk meninjau jalan darat sebagai akses baru menuju Bagan Asam.

Pangdam beserta rombongan langsung menuju ke titik nol PT. SAP dan meninjau langsung lokasi pembangunan akses darat yang menghubungkan ke Desa Bagan Asam, Kecamatan Toba. Seperti diketahui bahwa akses ini baru saja dibuka untuk menghindari isolasi daerah di penghujung tersebut.

Dalam arahannya, pangdam menyebut akses tersebut sebagai akses jalan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat selama lebih kurang 73 tahun. Praktiknya, hanya dalam waktu dua bulan akses tersebut bisa dibuka dengan melibatkan prajurit TNI dibantu masyarakat dan sejumlah pihak.

 “Ternyata hanya butuh waktu dua bulan saja sudah selesai dan sudah nampak hasilnya, namun masih pada tahap membuka akses belum sampai pengerasan. Ini kemajuan yang luar biasa. Kerja ini demi masyarakat kita yang memang membutuhkan jalan penghubung di darat,” ungkapnya Rabu (5/12).

 “Hasil ini kita peroleh berkat kerja keras dari anggota kita serta kerjasama dengan BUMN dan Pemda Sanggau sendiri, ini akses negara untuk itu perlu andil dan peran semua pihak dalam pembangunanya,” tambah dia.

Menurutnya, gotong royong sangat terasa dalam proses pembanguan akses jalan tersebut. Apapun yang terjadi Kodam Tanjungpura tetap berkoordinasi dengan Gubernur Kalbar untuk pembukaan akses ini.

 “Dibukanya akses jalan ini di harapkan perekonomian masyarakat akan lebih baik. Oleh sebab itu, akses ini nantinya perlu dijaga dan dipelihara agar tidak rusak dan dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Saya yakin masyarakat akan senang dan antusias,” jelasnya.

Ia menyampaikan terima kasih terutama kepada prajurit TNI yang sudah berperan aktif dalam pembukaan akses darat di daerah terpencil seperti daerah Bagan Asam yang sudah sejak lama mendambakan jalan penghubung.

 “Terima kasih kepada prajurit saya. Kita tidak kalah hebat dengan kodam-kodam lain di pulau lain. Kalau mereka mampu, kita juga pasti mampu. Niatkan kerja kita ini sebagai ibadah, membantu masyarakat dengan rasa ikhlas,” tegasnya.

Salah satu warga setempat, Budi Wisnu menyampaikan terima kasih karena jalan yang telah dibuat akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Untuk nama jalan yang telah dibuat nantinya akan kami beri nama Bapak Pangdam agar anak cucu kami juga mengetahui sejarah bagaimana dan siapa yang membantu pembangunan jalan ini. (*)


Leave a Reply

Send this to a friend