Paolus Hadi Pimpin Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-57

Paolus Hadi Pimpin Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-57


Citizen Reporter

Staf Diskominfo Sanggau

Abang Alfian

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU -Bupati Sanggau, Paolus Hadi memimpin upacara peringatan Hut Pramuka ke-57 di Komplek Sabang Merah Sanggau, Jumat (9/11).
Upacara diikuti 1.109 peserta pramuka yang berasal dari pelajar-pelajar yang ada di Sanggau.

Hadir juga Ketua Kwartir Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Suryadi MS, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, para guru serta seluruh pelajar yang ada di Sanggau.

Baca: Soal Pajak Sarang Burung Walet, Ini Kata Dewan Sanggau

Baca: Rutan Sanggau Alami Over Kapasitas 100 Persen

Dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka DR Adhyaksa Dault yang dibacakan Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan, Gerakan kepanduan sebagai cikal bakal Gerakan Pramuka telah ada di Bumi Pertiwi sejak tahun 1912 dengan nama kelompok baik berdasarkan nama etnik maupun keagamaan.

“Eksistensi gerakan ini di Indonesia telah dimulai sejak 106 tahun yang lalu. Namun yang penting dipahami bahwa filosofi dan nilai-nilai kepramukaan digali dari bangsa dan kebudayaan Indonesia. yang bersamaan waktunya dengan berkembangnya gerakan kepanduan dunia yang dirintis oleh Sir Baden Powell di Inggris, ” ujarnya.

Setelah para Pandu Indonesia merintis Sumpah Pemuda tahun 1928 kemudian mendorong Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945, dan mengisi kemerdekaan Indonesia.

“Jumlah organisasi kepanduan berkembang cepat. Mengamati militansi dan potensi kepanduan perlu dipupuk menjadi perekat bangsa. Dengan semangat persatuan dan kesatuan, Bung Karno kemudian menyatukan 60 organisasi kepanduan tersebut menjadi Gerakan Pramuka dengan menerbitkan Keputusan Presiden nomor 238 tahun 1961, ” katanya.

Presiden Soekarno menyerahkan Panji Gerakan Pramuka kepada Kak Sri Sultan Hamengkubuwono IX pada tanggal 14 Agustus 1961 yang berpesan bahwa Gerakan Pramuka berfungsi untuk membina dan memantapkan karakter kaum muda Indonesia. “Dalam konteks Indonesia, Gerakan Pramuka menjadi Rumah Kita Bersama. dan itulah harapan bangsa ini kepada Gerakan Pramuka, ” katanya.


Leave a Reply

Send this to a friend