DPRD dan Pemkab Sanggau Bahas Lima Raperda – Akcaya

DPRD dan Pemkab Sanggau Bahas Lima Raperda – Akcaya

SANGGAU – Rapat paripurna ke – 15 masa persidangan ke – 3 tahun sidang 2018 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam rangka pembahasan lima Raperda Kabupaten Sanggau tahun anggaran 2018. Paripurna digelar di Lantai III Gedung DPRD Sanggau, Senin (05/11/18) dimulai pukul 14.30 Wib. Jadwal ini molor satu jam dari jadwal semula yakni pukul 13.30 Wib.

Rapat paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Sanggau Jumadi didampingi dua unsur pimpinan DPRD Sanggau, Hendrikus Bambang dan Usman dan dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, AL Leysandri, 30 Anggota DPRD Sanggau, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sanggau, Kasubag TU Kemenag Sanggau, Waka Polres Sanggau, GOW, PKK dan sejumlah pihak terkait pembahasan Raperda.

Rapat paripurna dengan agenda nota pengantar terhadap lima Raperda tersebut, yakni pertama Raperda tentang pembentukan Kecamatan Kapuas. Kedua, Raperda tentang tarif pelayanan kesehatan kelas III RSUD MTh. Djaman Sanggau. Ketiga, Raperda tentang pencabutan peraturan daerah nomor 3 tahun 2014 temtang izin gangguan. Ke empat Raperda tentang perubahan ke dua atas Peraturan daerah nomor 4 tahun 2014 tentang retribusi perizinan tertentu dan ke lima, Raperda tentang kawasan tanpa rokok.

Bupati Sanggau dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau AL Leysandri menyampaikan gambaran umum lima Raperda tersebut. Diantaramya yakni Raperda tentang Pemekaran Kecamatan Kapuas.

Rencana pembentukan Kecamatan Kapuas Selatan dikatakan Bupati rencana pembentukan Kecamatan Kapuas Selatan sidah lama direncanakan, namun tidak dapat diwujudkam karena adanya moratorium pembentukan Kecamatan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat.

Secara umum, pembentukan Kecamatan di lakukan untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien dengan tujuan memperpendek rentang kendali pelaksanaan pembangunan dan pelayanan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Pembentukan Kecamatan Kapuas Selatan mengingat Kecamatan Kapuas memiliki wilayah relatif luas dengan jumlah penduduk relatif banyak tersebar di 20 Desa dan 6 Kelurahan dengan jarak desa relatif berjauhan.

Pembentukan Kecamatan Kapuas Selatan dapat dilakukan dan ditetapkan dengan peraturan daerah karena telah mememuhi persyaratan sebagaimana yang diatur dalam PP nomor 17 tahun 2018 tentang Kecamatan.

Berdasarkan realitas kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan daerah tersebut maka Pemkab Sanggau memandang bahwa pembentukan Kecamatan Kapuas Selatan meski segera dilakukan. (indra)


Leave a Reply

Send this to a friend