Ribuan Kendaraan di Sanggau Ikuti Pawai Takbir di – Akcaya

Ribuan Kendaraan di Sanggau Ikuti Pawai Takbir di – Akcaya

SANGGAU – Ribuan kendaraan roda dua dan ratusan kendaraan roda empat mengikuti pawai takbir yang diselenggarakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sanggau pada Kamis (14/06/18). Puluhan aparat gabungan TNI/Polri, Sat Pol PP dan Dishub disiagakan.

Hadir dalam acara malam takbiran yakni Pjs Bupati Drs. Moses Tabah.M.S.i, Kapolres Sanggau, AKBP Rachmaat Kurniawan, Kepala Kantor Kementrian Agama Drs. M. Taufik, Asisten II Setda Sanggau, H. Roni Fauzan, SE. M.Si, Ketua II PHBI Sanggau Drs. Saukani.M.Si, Pasi Pers Kodim 1204/Sanggau Kapten Asep, Kepala Inspektorat H. Drs. Edy Sumantri, M.Si, Kepala Dinas Hangpang Hortikan Kabupaten Sanggau Ir. H. John Hendri.M.Si, Sekretaris DPRD Sanggau Drs. H. Burhanuddin, MH, Kasat Pol PP Sanggau M. Sukri, Ketua NU Sanggau Drs. H. Toyib Saefuddin, Perwakilan  MUI Sanggau Ustazd Nabhan dan sejumlah pengurus harian PHBI Sanggau. Jumlah kendaraan roda empat sebanyak 225 dan seribu lebih kendaraan roda dua. Puluhan polisi, TNI, Sat Pol PP dan Dishub ikut mengamankan pelaksanaan malam takbiran.

Pjs Bupati Sanggau, Mosed Tabah berkesempatan melepas peserta pawai dengan rute keliling Kota Sanggau tersebut.  Dalam sambutannya, Pjs mengucapkan selamat merayakan hari kemenangan bagi umat muslim di khususnya di Kabupaten Sanggau. Di hari kemenangan ini, Pjs berpesan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Sanggau tetap terpelihara dengan baik.

Kepada para peserta yang mengikuti pawai, Pjs mengingatkan untu selalu berhati-hati.

“Patuhi rambu-rambu lalu lintas, jangan kebut-kebutan, karena keselamatan selama mengikuti takbir ke liling sangat penting,” ingatnya.

Sementara itu, Ketua Umum PHBI Sanggau yang diwakili Ketua II PHBI Sanggau Saukani menyampaikan rangkaian kegiatan hari raya idul fitri 1439 H terdiri dari pawai malam rakbiran yang dilaksanakan malam ini dan sholat ied yang akan dilaksanakan besok pagi. Bertindak selaku iman H. Khairuddin dan Khotib Kapolres Sanggau AKBP. Rachmat Kurniawan.

Atasnama Ketua Umum dan segenap pengurus harian PHBI Sanggau, lanjut Saukani, mengucapkan minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan bathin.

“Terimaksih kepada Pemerintah Daerah, Polres Sanggau, Dinas Perhubungan dan Sat Pol PP Sanggau yang telah bekerja dengan ikhlas mensukseskan seluruh rangkaian acara yang diselenggarakan PHBI Kabupaten Sanggau,” tuturnya.

Terpisah Kapolres Sanggau AKBP Rachmat Kurniawan menyampaikan Polisi yang disiagakan untuk mengamankan malam takbiran sebanyak 600 personil mulaoli dari Polres hingga Polsek jajaran. Hal itu dikatakan Kapolres sesuai perintah Kapolri untuk mengamankan perayaan idul fitri. Pengaman ini juga dilakukan hingga Pilkada selesai.

“Tidak ada anggota yang diliburkan, liburnya nanti pasca Pilkada. ini perintah. Kita ful kekuatan untuk mengamankan kegiatan ini hingga Pilkada selesai nanti,” tegas Kapolres. (indra)


Leave a Reply

Send this to a friend