LIBUR IDUL FITRI 1439 H, DINAS LH BERLAKUKAN PIKET KEBERSIHAN

LIBUR IDUL FITRI 1439 H, DINAS LH BERLAKUKAN PIKET KEBERSIHAN

Meski telah memasuki Musim Libur Idul Fitri 1439, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau tetap mengerahkan petugas Kebersihan baik petugas penyapuan maupun angkutan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Libur lebaran pada tahun 2018 ini dimulai dari tanggal 11 Juni 2018 s/d 19 Juni 2018, namun khusus Petugas Kebersihan tetap masuki seperti biasa. Seperti tahun-tahun sebelumnya Dinas Lingkungan Hidup memberlakukan piket kebersihan selama 3 hari, untuk Tanggal 11 s/d 13 Juni 2018 seluruh personil petugas kebersihan baik yang beragama Muslim maupun non Muslim tetap bekerja sesuai dengan bidangnya masing-masing. Untuk angkutan tetap mengangkut sampah sesuai dengan jalurnya begitu juga dengan penyapuan tetap melakukan penyapuan sesuai jalur penyapuannya. Namun untuk tanggal 14 s/d 16 Juni 2018, untuk petugas yang beragama muslim diliburkan sementara yang beragama non muslim melakukan piket kebersihan yaitu bekerja bukan hanya di jalurnya namun juga melakukan kegiatan kebersihan di tempat jalur rekan-rekan muslim yang merayakan libur lebaran.

“Selama musim liburan Lebaran 2018, kami tetap menjaga kebersihan kota Sanggau, baik di jalan raya, pasar dan fasilitas publik lainnya.,” kata Lukman,S.AP, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kab.Sanggau, Senin (11/06/2018).

Menurut Lukman, khusus untuk tanggal 14 s/d 16 Juni 2018, atau pada H-1 Lebaran dan Hari Lebarannya kami mengerahkan tak kurang 36 Personil baik untuk tenaga angkutan maupun tenaga penyapuan.

“Kebijaksanaan memberlakukan piket kebersihan bagi  personel kebersihan  dikarenakan saat Lebaran timbulan sampah cukup meningkat terutama di tempat-tempat seperti di lokasi digelarnya sholat Ied maupun di pasar-pasar,” katanya.

“Guna Mendukung kegiatan piket kebersihan ini, kami dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau menunjuk Leo yang sehari-hari sebagai pengawas untuk mengkoordinir seluruh kegiatan pada musim libur lebaran ini “ pungkas Lukman.

Sementara itu di tempat terpisah Leo selaku penanggung jawab dalam kegiatan piket Kebersiihan ini mengatakan “ guna mengantisipasi membludaknya volume sampah  khusus Malam Takbiran dan di tempat Lokasi Sholat Ied, kami akan optimalkan seluruh potensi personil yang ada, serta akan melakukan penyisiran guna melihat dan memonitor timbulan-timbulan sampah yang ada,” Tutup Leo.

 

Leave a Reply

Send this to a friend